Saat Meteran Listrik Pra Bayar Mendadak Error

07/10/2017 § Leave a comment

Hari Jum’at tengah malam pekan lalu mendadak listrik di rumah padam. Gelap gulita. Masih dengan setengah sadar saya mengintip depan rumah, lha kok nyala. Berarti hanya padam lokal saja. Masih dengan jiwa yang belum terkumpul sepenuhnya, saya pencet-pencet aplikasi mobile banking untuk membeli pulsa listrik meski sempat terpikir beberapa hari sebelumnya pulsa listrik baru diisi. Begitu saya berada di depan meteran baru sadar, tombol mcb meteran posisinya on kenapa listrik padam. Terlebih lagi pas token stroom mau diinput kok tombol-tombol angka di meterannya tidak ada yang bisa dipencet ya, plus display layar yang ada di meteran bertuliskan: ERR—. Di sinilah saya baru ngeh kalau meteran listrik di rumah ternyata error *tepokjidat*.

Sambil berkomunikasi dengan suami yang kebetulan sedang dinas ke luar kota, saya coba googling kira-kira penyebab errornya meteran listrik ini apa ya. Plus solusinya bagaimana, mengingat saat itu jam 11 malam. Saya coba matikan mcb di meteran dan yang ada di rumah lalu mencabut semua stop kontak alat listrik, membiarkannya istirahat sejenak. Setelah itu coba disambungkan lagi dan ternyata masih belum nyala juga. Solusi terakhirnya tentu saja: coba menelepon ke contact center PLN 123. 

Sekitar jam 11 lewat 02 menit saya membuat pengaduan ke PLN 123 menyampaikan keluhan yang ada di rumah, dan mas penerima menyampaikan bahwa permasalahan ini akan disampaikan ke PLN terdekat. Baiklah, saya menunggu sambil mengipasi anak-anak yang masih tidur yang mulai gelisah karena panas, hahaha. Sepuluh menit kemudian, telepon rumah berdering. Dari PLN Bintaro mengkonfirmasi alamat dan menanyakan kembali keluhan yang ada. Menurut bapak yang menelepon, akan ada teknisi PLN yang datang ke rumah untuk mengecek jadi saya diminta menunggu. 

Mungkin sekitar setengah jam kemudian, ada 2 mas-mas teknisi PLN yang ke rumah. Satu orang mengisi formulir yang mereka bawa dari kantor, satu lagi mencoba mengecek penyebab error si meteran yang berbunyi terus tiada henti 😁. Setelah sekitar 5 menit mas-mas ini menerangkan bahwa kesimpulannya meteran listrik di rumah kami ini error dan harus diganti. Walah, langsung saya terbayang selama belum diganti listrik padam dong, apa kabar simpanan ASIP mas Agha yang ada di kulkas. Ternyata salah. Oleh mas teknisi, meterannya di-loss dulu dengan metode pasca bayar agar listrik sementara bisa digunakan. Sambil menunggu penggantian meteran yang hanya bisa dilakukan di hari kerja dan siang hari, sementara kami bisa menggunakan listrik dengan metode pasca bayar. Sayangnya satu hal: bunyi meteran error tidak bisa dihilangkan 😂. 

Sepuluh menit kemudian listrik di rumah kembali menyala. Alhamdulillah ASIP mas Agha aman. Kemudian formulir yang tadi diisi salinannya diberikan untuk disimpan. Pesan masnya kira-kira begini: “Resi ini disimpan ya bu, atas pengaduan ibu malam ini sudah kami catatkan tindak lanjutnya berupa penggantian meteran. Ibu tidak perlu menelepon 123 lagi, cukup menunggu konfirmasi dari PLN Bintaro untuk penggantian meteran baru maksimal 14 hari kerja. Nanti setelah meteran diganti, ibu datang ke kantor PLN untuk memperhitungkan pembayaran pemakaian listrik selama di-loss dengan pasca bayar.”

Dan benar saja, tiga hari kerja setelah drama meteran listrik error kemarin ada petugas dari PLN Bintaro yang datang ke rumah mengganti meteran yang sudah error dengan meteran baru. Setelah dibuka, menurut bapak PLN yang datang kemarin ada bagian di dalam meteran lama kami yang berkarat. Ada kemungkinan hal tersebut yang menyebabkan meteran menjadi error. Setelah meteran baru dipasang yang otomatis nomor meterannya juga baru, kami diminta langsung mengisi pulsa listriknya. Alhamdulillah setelah dipasang dan dicoba tidak ada masalah. Langkah berikutnya tinggal ke kantor PLN untuk melakukan pembayaran ketika meteran kemarin sempat di-loss dengan metode pasca bayar. Insya Allah Sabtu hari ini mau ke kantor PLN Bintaro. 

Demikian sekelumit pengalaman emak bersama meteran listrik yang error mendadak. Kesimpulannya jangan panik saat meteran mendadak error, cukup serahkan kepada ahlinya. Tinggal telepon ke contact center PLN 123. Alhamdulillah pelayanan PLN sekarang juga kece banget, responnya cepat dan tidak mengecewakan. Sangat memudahkan pelanggannya. Oiya, semua biaya penanganan yang saya ceritakan termasuk penggantian meteran baru juga gratis. Semoga semakin keren ya PLN. 

Foto: logo PLN dari google.

Advertisements

Tagged: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Saat Meteran Listrik Pra Bayar Mendadak Error at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: