Buku: Balita Bertanya, Anda Menjawab

31/01/2016 § 4 Comments

Kalau ada yang bilang jadi orangtua itu ngga ada sekolahnya, iya bener banget. Sepanjang waktu adalah belajar. Berasa banget deh. Semakin besar usia anak, artinya semakin banyak yang orangtua harus pelajari untuk terus berusaha memberikan yang terbaik *belibet ngomongnya*. Intinya sih, jadi orangtua itu adalah proses belajar sepanjang waktu. Begitu.

Makanya sebagai orangtua boleh dong ya kalau kita ikut seminar atau menyimak artikel-artikel atau baca buku yang menambah khasanah pengetahuan dalam mendidik anak. Nah akhir Desember tahun lalu saya ngga sengaja nemu buku yang bagus buat dibaca. Kenapa ngga sengaja? Sebab buku ini saya beli di bapak penjual vcd yang keliling berjualan di kantor-kantor, atas rekomendasi beliau.

“Ini bagus lho mbak. Sudah punya belum?” tanya beliau.

Tanpa pikir panjang, langsung dibelilah bukunya. Kesan pertama, bukunya covernya lucu *eh salah fokus*. Hihi. Saya sih suka buku-buku parenting yang covernya imut-imut begini. Jadi lebih asik dan lebih menarik.

image

Sesuai judulnya, isinya tentang bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyaan kritis balita.  Menjawab pertanyaan balita tentunya butuh pendekatan yang berbeda dengan menjawab pertanyaan orang dewasa. Menjelaskan ke anak itu, harus dengan bahasa yang mudah dimengerti dan mudah dipahami. Kadang-kadang saya mikir agak lama saat mereka menanyakan sesuatu. Mikir bagaimana ya membahasakan sesuai dengan usia mereka.

Nah, kembali ke buku Balita Bertanya, Anda Menjawab. Di covernya tertulis berisi 60 pertanyaan kritis yang sering ditanyakan balita serta solusi jawaban yang tepat. Tapi jujur saya nggak ngitung bener atau nggak ada 60, sebab banyak sekali isinya. Secara garis besar dibagi menjadi 7 sub bagian:
Balita dan Agama
Balita dan Alam Sekitar
Balita dan Tubuhnya
Balita dan Seks
Balita Memaknai Peraturan
Balita dan Orangtua
Celoteh Balita Lainnya

Nah, dari masing-masing sub bagian itu berisi pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan anak-anak. Misal: Tuhan itu siapa? Meninggal itu apa? Kenapa mama haid? Sombong itu apa? Kenapa ada orang gemuk? Kenapa kuman bikin sakit? Dan lain-lainnya. Dan alternatif jawaban yang ditulis oleh mba Pritha dan bu Sian di buku ini selalu berhasil membuat saya bergumam oiya ya. Oiya bener juga ya.

Di buku ini juga disampaikan bawah ada rumus sederhana saat menghadapi pertanyaan sulit dari anak-anak:
Pertama, tetap tenang. Tenang saat anak-anak mendadak bertanya tentang sesuatu. Kita sebagai orangtua perlu tahu mengapa mereka menanyakan hal tersebut, karena itu akan membantu bagaimana kita merespon dan menjawab pertanyaan tersebut.
Kedua, berikan jawaban sejujur mungkin dengan bahasa sederhana sesuai daya tangkap anak.
Yang ketiga, jika membingungkan dan belum dapat menjawab saat itu jangan dipaksakan menjawab. Tangguhkan, katakan sejujurnya akan mencari tahu jawabannya terlebih dahulu.

Nah, kalau menurut saya pribadi sih buku ini recommended sebab apa yang dituangkan di situ memang sesuatu yang secara umum dialami para orang tua. Penuturan yang ringan dan santai bikin enak dibaca. Jadi, monggo silakan baca untuk yang tertarik😀

Tagged:

§ 4 Responses to Buku: Balita Bertanya, Anda Menjawab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Buku: Balita Bertanya, Anda Menjawab at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: