Khonsa: Menjelang Masuk SD

06/02/2015 § 6 Comments

Pas Foto Khonsa

Pas Foto Khonsa

Tahun 2015 ini, insya Alloh si sulung akan masuk SD. Waaaaa, iya SD *cubit pipi sendiri*. Kalau kata mas yang satu ini, time flies. Benar-benar nggak terasa. Rasanya belum lama saya melahirkan Khonsa, menggendongnya ke mana-mana. Ternyata tahun ini, di usianya yang akan genap 6 tahun di bulan April nanti insya Alloh Khonsa akan masuk SD.

Sesuai dengan rencana kami saat dulu memilih sekolah playgroupnya, untuk SD insya Alloh tetap di tempat yang sama, di sekolah yang sama. Jadi PG, TK A, TK B dan SD berada di satu sekolah yang sama, yaitu di PPIA Baitul Maal. Banyak yang tanya, kenapa? Ya nggak kenapa-kenapa sih *halah*. Ada beberapa alasan kenapa dulu kami memutuskan memasukkan Khonsa untuk sekolah di situ. Yang pertama karena kami memang memilih sekolah Islam. Ingin meletakkan pondasi yang kuat sejak dini, walaupun sebenarnya tetap orangtua-lah yang harus berperan utama dalam hal ini. Kedua, jaraknya relatif dekat dengan tempat tinggal kami. Yang ketiga, nggak ada calistung di usia PG-TK, jadi benar-benar bermain (sambil belajar tentunya)😀.

Karena sudah menentukan pilihan sejak awal, tentunya kami tinggal mengikuti jadwal penerimaan siswa SD dari sekolah. Bulan Desember 2014 kemarin ada pemberitahuan kalau pendaftaran siswa SD sudah dimulai. Pada tanggal yang ditentukan, saya dan si Ayah ke sekolah untuk mengambil formulir pendaftaran calon siswa SD yang berlembar-lembar dan isinya ternyata sangat detail.  Formulir dikembalikan setelah terisi dengan lengkap beserta kelengkapan persyaratan (akte, KK, foto dll) plus membayar biaya pendaftaran siswa (yang bisa dipilih tunai atau dicicil 3x). Pengembalian formulir ini diberi batas waktu, kalau terlewat ya sudah berarti tidak bisa diterima. Oiya, semua yang mendaftar diterima sampai kuota terpenuhi, dan tidak ada tes masuknya.

Setelah calon siswa dinyatakan diterima, tahap selanjutnya adalah observasi si calon siswa dan interview orangtua. Alhamdulillah dua tahapan tersebut sudah dilalui bulan kemarin. Seragam juga sudah diukur, jadi sekarang tinggal menunggu waktu masuk SDnya saja.

Lalu, sudah siap-siap apa saja sebelum si kakak benar-benar menjadi siswa SD? Jawabnya: banyak hehe. Sudah mulai mengkondisikan si kakak untuk bangun lebih pagi sekarang, karena nanti saat SD jam masuknya pasti lebih pagi. Pembiasaan mandiri dalam berbagai hal, termasuk mempersiapkan keperluan sekolahnya. Kalau sekarang sih baru sebatas menyiapkan dan memakai seragam sendiri, menyiapkan bekal sekolahnya sendiri, dan sarapan sendiri😀. Oiya, dari hasil observasi kemarin ibu gurunya menyatakan perkembangan motorik kasar dan halus si kakak sudah oke, yang perlu dilatih lagi adalah kemampuan audio visualnya. Soal calistung saat observasi dan interview tidak disinggung sama sekali, tetapi tetap saya mengenalkan si kakak dengan menulis dan konsep berhitung sederhana. Mengaji selama ini dilakukan dengan kami di rumah dan juga ada talaqqi di TK, penginnya setelah akhir tahun kemarin kami pindah ke rumah sendiri kakak juga bisa ikut TPA di masjid dekat rumah (tapi nyatanya belum terealisasi hingga sekarang😀 )

Kemarin waktu sesi interview saya sempat menanyakan beberapa hal ke guru. Soal rencana kurikulum, model belajar dan lain-lainnya. Dari jawaban ibu guru kemarin sih rasanya tidak begitu berbeda dengan konsep di TKnya sekarang. Nantinya SD akan masuk pukul 7.00 dan pulangnya (kalau tidak salah ingat) pukul 14.00. Istirahat 2 kali, makan siang wajib ikut katering sekolah. Sejauh ini akan menggunakan konsep moving class dengan cara belajar sistem sentra. Tidak akan ada banyak PR (coba nanti dibuktikan, hihi). Seperti biasa, akan ada buku penghubung untuk komunikasi pihak sekolah dengan orangtua siswa.

Yang jelas, anaknya yang mau sekolah tetapi orangtuanya begini yang deg-degan nggak karuan😀.  Seringkali di kantor mendengarkan curhat ibu-ibu yang anaknya sudah usia sekolah SD ke atas yang menceritakan tentang PR anaknya, beli buku ini itu, belajar ini itu. Hwaaaa. Mudah-mudahan semuanya lancar.

Tagged: , , ,

§ 6 Responses to Khonsa: Menjelang Masuk SD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Khonsa: Menjelang Masuk SD at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: