Periksa Mata di RS Mata Aini

18/04/2013 § 10 Comments

Berawal di weekend kemarin. Mendadak mata kiri sebelah atas terasa gatal. Dikira gatal biasa, malah saya sempat berpikiran ada bulu mata salah tempat (istilah Jawanya “idep salah”). Sempat saya lihat dengan seksama dengan cermin, lha kok gapapa. Anehnya, mata juga tidak merah. Belekan apalagi, tak ada kotoran sama sekali.

Gatal berlanjut, dan ternyata pagi berikutnya kelopak mata kiri atas mulai membengkak. Dekat pangkal berasa ada yang mengganjal dan sakit, terutama dipakai untuk berkedip.  Bagian dekat yang bengkak itu berasa agak nyeri saat sujud. Orang rumah sempat meledek, ah paling mau bintitan (habis ngintip siapa coba? :P). Tapi lagi-lagi terasa aneh, kalau bintitan kenapa tak ada tanda-tanda benjolan kecilnya sama sekali? Yo wis, setelah rundingan sama ayahnya anak2 diputuskan untuk periksa saja ke dokter mata karena mulai merasa terganggu dengan rasa sakitnya. Pilihannya jatuh ke Rumah Sakit Mata Aini, alasannya simple : termasuk rumkit provider alias rekanan asuransi kesehatan yang kami pakai.

RS Aini terletak di daerah Kuningan, Jakarta Selatan. Ini tentu pertama kalinya saya ke sana. Sebelumnya saya sempatkan membuka webnya terlebih dahulu, mencari info jadwal praktek dokter adanya jam berapa saja. Kami pilih yang shift sore yang di jadwalnya tertera mulai 15.00-20.00.

Sampai RS, sebagai pasien baru selayaknya di RS lain harus mengisi form pendaftaran terlebih dahulu. Kemudian diminta menunggu di lobby (yang sangat luas dan nyaman) di depan ruang refraksi. Di ruangan tersebut dilakukan pemeriksaan awal atas kondisi keseluruhan mata pasien. Setelah itu baru selanjutnya diperiksa dokter. FYI, dokternya ada banyak. Kemarin saya dipilihkan oleh mba resepsionis sesuai dengan keluhan yang dialami.

Selesai refraksi kemudian diperiksa oleh dokter. Saya diperiksa oleh dokter Iskandar. Dokternya sudah cukup senior, ramah dan cukup informatif.  Diperiksa sejenak kemudian diresepkan beberapa macam obat dan diminta melakukan kompres mata dengan air hangat 3x sehari.  Saya sampaikan status busui, dan dokternya langsung tanggap untuk memberikan obat-obatan yang aman bagi ibu menyusui.  Obatnya ada 3 macam : obat tetes mata, salep dan vitamin. Selesai diperiksa, kemudian ke bagian pendaftaran, ke apotik, konfirm lagi ke pendaftaran (karena kami pasien asuransi) baru ke kasir dan terakhir mengambil obatnya di bagian apotik. Biayanya cukup mahal ternyata, berhubung ada asuransi maka yang dibayarkan sebesar yang tidak tercover sekitar 25%-nya😀, lumayan banget banget.

Hari ini bengkaknya sudah sembuh. Nyerinya juga sudah tidak terasa lagi. Alhamdulillah. Hanya masih sedikit gatal. Mudah-mudahan besok sudah benar-benar nyaman lagi matanya.

Begitulah sekelumit pengalaman pertama berkunjung ke RS Mata Aini. Semoga sekali ini saja ke sana, seterusnya sehat-sehat. Amin.

Tagged: ,

§ 10 Responses to Periksa Mata di RS Mata Aini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Periksa Mata di RS Mata Aini at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: