Rahma Nurina Utami : Anggota Baru Keluarga Kami

23/03/2013 § 13 Comments

Alhamdulillah, tanggal 3 Maret 2013 bertambah 1 lagi anggota keluarga kami. Akhirnya si adik lahir juga😀.  Proses persalinan kali ini cukup berbeda dengan  lahirnya si kakak dulu.

Sedikit cerita tentang kelahiran adik Rahma. Hari Jum’at tanggal 1 Maret adalah jadwal rutin kontrol ke dokter. Sampai hari itu sebenarnya belum ada tanda-tanda bahwa si adik akan lahir dalam hitungan hari. Pada saat USG, dokter menyatakan BB adik sudah termasuk gendut, jadi dokter khawatir adik terlalu besar hingga nanti menyulitkan saat proses bersalin. Saat itu dokter berpesan untuk bersiap induksi jika sampai pekan depannya belum ada tanda lahir juga.

Mendengar pesan dokter soal induksi, saya seperti deja vu saat kelahiran si kakak. Dulu pun karena lewat waktu dokter sempat mewanti-wanti hal yang sama, diberi waktu sepekan untuk menunggu tanda lahir  atau induksi di pekan depannya. Alhamdulillah saat itu di hari H harus induksi, terlebih dulu Khonsa memberikan tanda-tanda akan lahir jadi batal induksinya😛. Kali ini tentu saja kami mengharapkan hal yang sama. Mudah-mudahan tak perlu menunggu pekan depan si adik sudah memberikan sinyal kelahirannya.

Sabtu 2 Maret 2013 sekitar jam 8, flek darah itu akhirnya datang. Antara deg-degan dan syukur alhamdulillah. Siangnya kami ke RSIA untuk mengecek kondisi janin dan bukaan walaupun mules masih hilang timbul. Benar dugaan saya, masih bukaan 1. CTG dilakukan dan hasilnya baik.  Selesai cek dan CTG pun kami pulang. Sabtu malam mulai sekitar jam 10, kontraksi mulai terasa. Sambil menghitung jarak dan waktu kontraksi saya berdo’a agar persalinan ini dimudahkan.  Apalagi inilah pertama kalinya melahirkan jauh dari orangtua maupun mertua, jadi sedikit nervous.

Ahad dinihari, sekitar pukul 00.45 saya membangunkan si ayah. Dan tepat pukul 01.00 kami berangkat berdua ke RSIA. Kakak sengaja tak kami bangunkan (belakangan kami baru tahu, si kakak ternyata terbangun tak lama setelah kami berangkat, dan sempat menangis :D). Sekitar pukul 01.40 sampai ke ruang bersalin, dicek bukaan 3. Waktu periksa dalam, ketuban pecah. CTG lagi dan diperiksa tekanan darah dll, sekitar setengah jam kemudian terasa ada dorongan untuk mengejan. Saat dicek, bukaan 7 rupanya. Saat itu bidan mengingatkan untuk mengatur napas, ambil napas panjang, tiup pendek-pendek (dan susah sekali jenderal! :D). Sekitar 15 menit setelahnya kira-kira, dorongan untuk mengejan semakin tak tertahan dan ternyata alhamdulillah bukaan sudah lengkap. Jadilah bersalin saat itu dengan 2 orang bidan jaga. Tepat Ahad dinihari pukul 02.45, lahirlah si adik yang kami beri nama Rahma Nurina Utami dengan tangisan kencangnya, BB 3800gr PB 48cm. Alhamdulillah🙂.

Adik Rahma usia 20 hari

Adik Rahma usia 20 hari

Hari ini tepat 3 minggu usianya. Kesibukan baru sebagai ibu 2 anak (satu balita, satu newborn baby) ternyata cukup menguras fisik dan mental *halah*. Sementara ini saya masih berusaha menyesuaikan ritme, mencoba menemukan irama yang nyaman dan mendapatkan siklus hidup normal kembali😛. Si adik masih sering mengajak begadang, lebih banyak melek di malam hari. Alhamdulillah kakaknya cukup kooperatif dan sangat welcome terhadap kehadiran adiknya.  Sejauh ini tak ada cemburu walaupun untuk sementara kakak Khonsa harus menghabiskan waktu lebih banyak bersama ayahnya.

Mohon doa ya, semoga Rahma menjadi anak shalilah, dan semoga kami dapat mengemban amanah ini dengan baik. Aamiin.

Tagged: , ,

§ 13 Responses to Rahma Nurina Utami : Anggota Baru Keluarga Kami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Rahma Nurina Utami : Anggota Baru Keluarga Kami at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: