Bye Multiply

15/08/2012 § 4 Comments

Setelah belajar jualan online-nya mulai pindah tempat ke dotcom, saya agak jarang login ke multiply. Lagipula, karena notifikasi seperti jika ada PM atau komentar di salah satu foto masuk ke email, biasanya saya hanya login ketika ada notifikasi tersebut. Sesekali saya menengok jika membutuhkan informasi atau mungkin mencari-cari beberapa barang (baca : belanja :D) yang saya tahu beberapa mak-mak seller di multiply ada yang jual.

Minggu lalu, saya cukup kaget ketika di twitter cukup ramai membicarakan penutupan fitur blog di multiply yang akan diterapkan mulai 1 Desember tahun ini. Banyak teman-teman blogger multiply yang kemudian menuliskan RIP Multiply atau belakangan kekecewaan tersebut dituliskan dengan hestek #TKSMULPID. Pun demikian dengan beberapa status bbm teman-teman yang saya kenal dari multiply. Jadi, ada apa sebenarnya? Karena penasaran, maka loginlah saya ke multiply dan disambut dengan pemberitahuan seperti ini :

Multiply News

Setelah membaca notifikasi di atas, saya jadi paham mengapa teman-teman blogger banyak yang kecewa. Pun demikian dengan para seller. Sejauh yang saya tahu, sebelum diterapkan adanya platform online shop (dan sampai sekarang pun masih) para seller di mutiply biasanya menggunakan fitur blog atau note sebagai ajang berinteraksi. Saling komen bersahutan dalam postingan. Jadi tidak hanya interaksi kaku antara seller-seller atau seller-buyer, tapi biasanya kami juga saling berbagi cerita yang lain di luar jualan. Sebagai contoh misalnya berbagi cerita perkembangan anak, sharing soal masalah-masalah kehamilan misalnya, hingga tanya-tanya info mengenai kesehatan, sekolah, atau bahkan tanya rute jalan😀.

Interaksi seperti itu yang membuat mereka jadi akrab, hingga kemudian ada komunitas-komunitas yang terbentuk. Contohnya kopdar seller Jabodetabek yang waktu itu cukup ramai, atau komunitas OS multiply Jogja yang saya tahu sampai mengadakan arisan rutin bulanan. Atau ketika ada musibah seperti gempa di Padang, atau bencana Merapi, beberapa menggalang dana dan bantuan kemanusiaan. Kompak. Dan setahu saya pun, para blogger multiply juga punya komunitas sendiri.

Tapi bagaimanapun, pihak multiply pasti punya pertimbangan mengapa fitur blog dan socmed dihapuskan. Seperti yang mereka tulis sendiri “...we have concluded that other Internet sites who are committed to social networking services will do a better job serving you than we can. Jadi mungkin memang sudah saatnya berkemas-kemas dari sana. Seperti 3 status teman saya 2 hari ini yang isinya kurang lebih sama, sedang sibuk memindahkan postingan-postingan blog mereka dari multiply ke rumah baru. Mungkin memang sudah saatnya mengatakan : bye multiply.

 

Tagged: ,

§ 4 Responses to Bye Multiply

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Bye Multiply at Catatan Kecil Rina.

meta

