Bayar Sendiri Pajak Kendaraan, Siapa Takut?

10/02/2012 § 2 Comments

Banyak orang yang memilih menggunakan jasa calo atau perantara untuk membayarkan pajak kendaraan dan mengurus STNKnya. Alasannya, daripada ribet dan lama, lebih baik membayar orang dan tinggal terima jadi. Selain itu, di Indonesia yang namanya birokrasi selalu identik dengan yang namanya berbelit-belit, rumit dan njelimet😀. Wajar saja jika kemudian orang lebih memilih terima beres daripada ikut ribet.  Nah, benar ga sih seperti itu?

Kebetulan, bulan Januari kemarin tiba masanya bagi kami untuk membayar pajak kendaraan tahun ini (2012).  Si Ayah mencoba untuk mengurus sendiri perpanjangan STNKnya, mumpung pas libur (hari Sabtu). Untuk daerah Tangerang Selatan, kantor samsat ada di Ciputat. Tidak hafal nama jalannya, yang jelas jalan raya ke arah Parung😀. Jam 9 berangkat dari rumah (Pondok Aren), hampir jam 10 baru sampai (lesson learned, lain kali naik motor saja biar lebih cepat).

Sebagai bekal, siapkan persyaratan yang diperlukan terlebih dahulu. KTP, STNK dan BPKB kendaraan, sekalian fotokopiannya. Langkah pertama setelah sampai di sana, mengambil formulir di lantai 1 (ada tulisan tempat ambil formulir). Sebut saja kendaraan Anda, roda 2 atau roda 4. Isi formulir tersebut dengan lengkap sesuai data-data yang ada pada KTP, STNK dan BPKB. Setelah lengkap, lampirkan fotokopi ketiganya (KTP, STNK dan BPKB) bersama formulir. Itulah mengapa sebelum berangkat lebih baik semua sudah difotokopi terlebih dahulu😛.

Berikutnya ke lantai 2, di tempat penyerahan formulir. Formulir yang sudah diisi dilampiri fotokopian ketiga persyaratan plus KTP dan BPKB asli diserahkan. Taruh saja di tempat yang sudah disediakan, lalu tunggu panggilan. Petugas yang ada akan memverifikasi berkas yang kita serahkan.Disediakan tempat duduk untuk menunggu, dengan fasilitas nonton TV dan baca koran. Kira-kira 10 menit kemudian petugas memanggil dan mengembalikan KTP dan BPKB asli karena fungsinya untuk verifikasi kebenaran berkas saja.

Berikutnya, menuju loket sebelahnya. Sekitar 5-10 menit kemudian dipanggil untuk mengambil formulir pembayaran yang dicetak by system. Formulir ini dipakai untuk membayar pajak dan nanti mengambil STNK baru yang sudah jadi. Antri pembayaran dilakukan di loket sebelahnya lagi, hampir sama menunggu panggilan sekitar 5-10 menit (tergantung yang mengantri sih :D). Setelah membayar, antrian terakhir di loket sebelahnya lagi untuk mengambil STNK baru yang sudah jadi.

Cepat ya? Ternyata iya. Alhamdulillah mudah dan tidak seribet yang dibayangkan dan ditakutkan orang-orang😀. Apalagi jika persyaratan sudah disiapkan, berkas lengkap, dan sudah tahu alurnya maka bisa lebih cepat. Awal bulan ini ketika harus mengurus pembayaran pajak motor, pelayanan yang kami dapatkan juga memuaskan.

Jadi, sudah berani bayar sendiri pajak kendaraan Anda?😉

Tagged: ,

§ 2 Responses to Bayar Sendiri Pajak Kendaraan, Siapa Takut?

  • fairuzdarin says:

    Dulu pas kerja, pernah juga ngurus pembayaran pajak motor sendiri. Di lantai paling atas PGC ada samsat. Gampang dan cepet, ga seperti yang aku bayangkan sebelumnya. Mirip2 sama penjelasan di atas.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Bayar Sendiri Pajak Kendaraan, Siapa Takut? at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: