After Weaning

12/11/2011 § Leave a comment

Sudah 2 bulan semenjak Khonsa berpisah secara sukarela dengan si ASI🙂. Awalnya sempat khawatir mengenai beberapa hal, terutama dengan jam tidur malamnya. Beberapa kali teman-teman bercerita tentang anak-anaknya yang selepas ASI jadi susah tidur malam, atau menjadi lebih rewel dari biasanya. Itu yang menjadikan kami agak deg-degan di awal, namun alhamdulillah kekhawatiran tersebut tidak terbukti.

Jam tidur malamnya tetap teratur seperti saat masih mengandalkan ASI sebagai pengantar tidur. Jam 8 malam pasti sudah minta masuk kamar, dan yang membuat senang adalah selalu Khonsa yang minta sendiri.  Aktivitas sebelum tidur yang rutin masih tetap sama, cuci tangan, cuci kaki, sikat gigi dan juga ganti baju. Oiya, kalau dulu sebelum tidur harus menyusu, maka sekarang Khonsa minta minum susu (susu UHT) atau mimum air putih jika sudah sikat gigi. Setelah itu biasanya kami masuk kamar, mematikan lampu, lalu tidur.

Yang agak unik, pengantar tidurnya sekarang alhamdulillah lebih bervariasi. Sejak dulu, Khonsa memang menyukai “ngobrol-ngobrol” sebelum tidur. Bedanya, sekarang saya bisa lebih meng-explore-nya untuk bercerita lebih banyak dan membiarkan dia bercerita dengan imajinasinya.  Apa-apa yang dilakukan sehari ini, cerita tentang mainannya, tentang kakek nenek atau keinginannya untuk bersekolah “kalau udah tinggi” LOL (bahasanya untuk jika sudah saatnya nanti).

Selain ngobrol, kadang-kadang saya mengajaknya membaca buku. Satu atau dua buku. Lalu biasanya Khonsa pura-pura gantian membacakannya untuk saya.  Selain membaca buku, kadang kami menyanyi. Dari pelangi, suwe ora jamu, sampai sholawat😀.  Kadang-kadang saking semangatnya sekian lagu belum juga membuatnya tertidur hehe. Aktivitas lain yang ternyata cukup membuatnya tertarik adalah belajar menghafal do’a pendek sehari-hari. Whoaaa, saya cukup surprise dengan kemampuannya untuk menghafal. Benar jika dikatakan, masa-masa golden age itu luar biasa.

Oiya, semenjak lepas ASI yang paling mencolok adalah frekuensi makan Khonsa bisa jadi 4-5 kali sehari, hihihi (turunan siapa cobaa? :D). Konsumsi susu juga meningkat, walaupun sudah diselingi dengan jus atau minuman lainnya. Jadi doyan makan berbagai macam makanan, tidak begitu pemilih. Buah juga jadi lebih doyan. Favoritnya melon, mangga, kelengkeng, jeruk baby, dan pisang. Yang paling happening sekarang, doyan ikan, yihaaa. Dulu maunya ikan kukus, sekarang sudah meningkat jadi ikan goreng atau ikan bakar (kalau emaknya lagi ngga males bebakaran).  Untuk stamina, biasanya kami memberinya madu. Dan ternyata dia juga doyan jamu hoehehe😀.

Jadi, after weaning ini ternyata semuanya berjalan dengan lancar. Alhamdulillah. Tidak rewel. Tidak bermasalah dengan makanan atau yang lain.
Sehat selalu ya Khonsa :-*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading After Weaning at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: