Buku vs E-book, Pilih Mana?

04/07/2011 § 3 Comments

An electronic book (also e-book, ebook, digital book) is a book-length publication in digital form, consisting of text, images, or both, and produced on, published through, and readable on computers or other electronic devices (wikipedia)

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin mutakhir, tentu kemudian muncul berbagai macam inovasi baru yang menyesuaikan dengan kemajuan teknologi tersebut. Istilah electronic ‘something‘ semacam e-mail, e-book, e-registration, e-banking, e-learning, e-commerce dsb mungkin sekarang ini sangat akrab di telinga kita. Dari yang saya tangkap selama ini, kemunculan macam-macam e-something tersebut memang mengedepankan prinsip keefisienan baik secara waktu, tenaga maupun materi.

Tak terkecuali dengan kemunculan e-book. Beberapa teman kuliah saya adalah orang-orang yang senaaang sekali mengoleksi bermacam-macam e-book. Sampai-sampai hard disk externalnya isinya e-book semuašŸ˜€. Mereka mengatakan bahwa memiliki e-book merupakan sebuah kepraktisan yang menyenangkan.Ā  Ya memang sih. Secara tempat, e-book jelas tidak butuh rak-rak yang besar untuk menempatkannya. Secara fleksibilitas pun e-book jelas unggul. Bawa-bawa buku konvensional ke mana-mana pasti berat karena berbobot. Sementara bawa e-book akan lebih praktis asalkan ada sarananya, misalnya laptop. Secara material, e-book juga unggul, wong sekarang ini banyak bertebaran situs-situs yang menyediakan e-book yang didownload secara gretong alias gratis.

Akan tetapi, apakah sedemikian sederhana? Entah saya yang kolot atau bagaimana, buat saya membaca buku konvensional, bukan buku-buku digital masih lebih menyenangkan dibandingkan harus membaca e-book.Ā  Membaca via e-book, berarti nonstop berada di depan komputer atau media lainnya, dan itu jauh melelahkan mata daripada membaca buku biasa. Membaca buku biasa pun bisa dilakukan di mana saja, tak perlu membutuhkan media khusus. Tetapi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, membawa buku kemana-mana tentu akan memberatkan (apalagi kalau literatur kuliah hoho), plus kalau ingin beli buku ybs, harus siap merogoh isi dompet. Dan tak semua buku harganya murah. Kadangkala ada buku yang harganya memang cukup menguras isi dompet kita *curcolmodeON*

 

Teringat pernyataan seorang dosen kemarin “E-learning sama learning at the class tentu berbeda.Ā  Dari sudut pandang dosen, tak ada yang bisa menandingi nikmatnya kegiatan belajar mengajar di kelas dan bertatap muka langsung dengan mahasiswa”

Ya, kenikmatan membaca buku konvensional -buat saya-memang masih tak tergantikan.Ā  Baca buku digital, tak ada lembar yang bisa dicoret-coret dengan pensil warna warni lucu sebagai pengingat hal-hal penting dalam buku tersebut. Pun, saya harus menyediakan media untuk membaca si e-book. Entah laptop, notebook, netbook, atau via mobile phone dengan software tertentu misalnya. Dan gara-gara posting tulisan ini, saya jadi tahu tentang e-book reader lho, ini dia :

Bagus ya? Saya ambil gambarnya dari wikipedia. Dan kata si wiki, an e-book reader, also called an e-book device or e-reader, is a portable electronic device that is designed primarily for the purpose of reading digital books and periodicals. Dan ternyata setelah googling, e-book reader ini ternyata modelnya bagus-bagus dan keren-keren semua, di pasaran sudah banyak sekali pilihan.

Jadi, pilih e-book atau buku biasa?

Tagged: ,

§ 3 Responses to Buku vs E-book, Pilih Mana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Buku vs E-book, Pilih Mana? at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: