Wisata Alam : Taman Buah Mekarsari

03/07/2011 § 7 Comments

Yippie, setelah hampir 7 tahun menjadi warga domisili Jakarta-Tangerang, akhirnya kesampaian juga keinginan mengunjungi Taman Buah Mekarsari.  Pada awal bulan Mei, tepatnya 7 Mei 2011 saya dan beberapa teman sesama mahasiwa asal Jogjakarta mengadakan gathering kecil-kecilan dan refreshing ke Taman Buah Mekarsari.  Karena yang berkeluarga boleh membawa anak dan istri/suami, tentu saja Khonsa dan ayahnya ikut serta😀.

Berangkat dari kampus Jurangmangu sekitar jam 7.30 pagi. Menggunakan 2 mobil dan bermodalkan pengalaman salah seorang dari kami yang pernah ke sana, meluncurlah rombongan gathering ini via Tol Pondok Aren menuju Tol Jagorawi. Kami keluar di pintu tol Cibubur. Dari Cibubur menuju arah Cileungsi (banyak plang penunjuk arah juga), kemudian melewati daerah Jonggol dan tahu tahu *criiiiing* ketemu lokasinya di kanan sebelah kanan jalan.Sebenarnya bukan criiing criing juga, wong sempat nyasar satu kali. Sampai di sana kurang lebih hampir jam setengah 10.

Tiket masuknya sebesar 15ribu rupiah per orang (tentu dengan diskon jika Anda membayar dengan kartu debit bank tertentu hehe), dan parkir mobilnya sebesar 10rb rupiah per mobil, dan itu berlaku sepanjang hari. Dari lokasi parkir yang luas, kami menuju bagian informasi untuk bertanya mengenai apa-apa saja yang bisa kami saksikan di sana.

Ini adalah Graha Krida Sari, disini ada bagian informasi ^^

Ternyata di Taman Buah Mekarsari ada berbagai wahana yang bisa kami kunjungi. Modelnya sistem paket. Secara tempat ini memiliki luas lebih dari 200ha, rasanya tak mungkin berkeliling secara menyeluruh dalam satu hari. Setelah dirundingkan, diputuskanlah kami memilih paket Greenlad Tour, yakni naik kereta mini berkeliling ke kebun-kebun buah yang telah ditentukan dengan membayar tiket sebesar Rp 50.000,-.

Tiket greenland tour, bentuknya sticker😀

Ini kereta mininya, sudah dicari di seluruh folder foto, cuma ini yang terlihat kereta mininya, mohon maaf ada penampakan di depannya *piss*

Paket Greenland Tour dimulai dengan mengunjungi wahana kebun melon. Melonnya istimewa, ada yang berbentuk hati😀. Melon-melon itu bentuknya lebih kecil dari buah melon di pasaran, dan rasanya manissss sekali. Uniknya lagi, pohon-pohon melon tersebut hanya berbuah sekali dalam hidupnya, lalu mati. Kami boleh mencicipi sampel yang telah disediakan. Di kebun melon tersebut, kami mendapatkan free 1 botol jus mangga asli, bagian dari paket yang kami pilih.

Ceritanya (sok) kagum sama tanaman melon ^^

Setelah kebun melon, tujuan kami berikutnya adalah kebun salak. Ada berbagai macam varian salak, kemarin yang sedang berbuah adalah salak pondoh (lucu sih, orang Jogja ketemu salak pondoh di sini :D). Di kebun ini kami bisa melihat tanaman salak secara dekat dan mendapatkan souvenir berupa salak sekeranjang kecil per masing-masing orang.

Ini souvenir buah salak yang siap dibagikan kepada pengunjung🙂

Setelah kebun salak, tujuan berikutnya adalah kebun belimbing dan kebun sawo. Di kedua tempat tersebut, kami bisa melihat sawo dan belimbing, plus mencicipi buahnya.  Di kebun belimbing kami diberikan 1/2 kg belimbing gratis dan boleh memilih sendiri😀.  Belimbingnya besar-besar dan manis-manis. Oiya, sepanjang jalur Greenland Tour yang kami lewati juga berupa kebun buah-buahan beraneka macam. Durian, nangka, kesemek, mangga, rambutan, dll. Banyak sekali. Sayangnya kemarin bukanlah musim mereka berbuah,  hanya beberapa jenis buah saja. Selain itu ada areal sawah (kemarin pas musim menanam padi), dan dari mbak-mbak pemandu didapatkan info area tersebut merupakan bagian dari paket yang biasanya ditawarkan ke pengunjung. Paket menanam padi, memandikan kerbau, belajar bertani dll (saya sih mbatin, di kampung gratis mbak kalau mau ke sawah LOL)

Puas berkeliling kebun, maka tujuan terakhir si kereta mini adalah di Wisata Air. Di sini ada tempat untuk beristirahat bagi para pengunjung dan juga berbagai permainan air. Naik perahu, banana boat, floating donut bubble dll. Ada juga tempat untuk outbond bagi pengunjung yang menyukai petualangan.Kami memilih menggelar tikar di tepi danau (tenang saja, jika tak membawa tikar Anda bisa menyewa tikar yang tersedia di tempat tsb) dan menikmati bekal yang kami bawa. Tempatnya adem, banyak pohon besar, sejuk, dan ada hiburan dari band lokal di panggung dekat danau. Jangan dibayangkan band yang ada band gaul-gaul semacam di tv, ini lebih mendekati band yang suka mengisi acara pernikahan, dengan lagu-lagu jadul edisi tahun 90an hehe :p.

Beberapa dari kami naik perahu naga (tiketnya 15rb rupiah per orang untuk satu kali naik keliling danau),  satu orang memilih outbond, lainnya berkeliling, sementara saya masuk ke pusat souvenir dan cinderamata (emak-emak mode ON). Menemukan setelan kaos dan celana bertema Mekarsari untuk si gendhuk, 2 buah masker anak lucu, satu lembar stiker beraneka rupa, plus legging anak dengan membayar 65ribu rupiah (kalau ngga salah inget :D). Di kawasan ini ada mushola kecil, lengkap dengan toilet yang cukup nyaman untuk para pengunjung. Ada juga food court dengan berbagai suguhan makanan, dari mulai bakso, mie ayam, soto, ayam bakar dsb. Harganya bervariasi, dan seperti tempat wisata lainnya tentu saja, sedikit lebih mahal daripada harga di luar.

Bada ashar, kami berkemas dari area wisata air, naik kereta mini kembali menuju area depan mekarsari. Oya, sebelum pulang kami menukarkan paket souvenir gratis dari paket Greenland Tour, yakni 1 macam bibit pohon per orang yang bisa kami pilih dan bawa pulang secara gratis. Horeee. Sekitar jam4 kami berangkat pulang kembali menuju Tangerang, denga rute yang sama seperti rute keberangkatan.

Secara keseluruhan, saya cukup senang dengan wisata ini. Tempatnya hijau dan memang benar jika disebut dengan wisata alam. Lain kali mungkin kesana lagi untuk mencoba paket lainnya ^^. Oiya, tempat ini cukup representative seandainya Anda mengajak si kecil (bayi/balita) berwisata asal membawa stroller dan bekal makanan mereka dari rumah.

kami bertiga (kalau bawa anak kecil, sebaiknya bawa stroller yang bisa dilipat naik turun kereta hehe :D)

Salah satu bagian dari outbond

Bapak2 nampang di perahu

Pamer tiket😀

Khonsaaaaa :-*

Thats all about mekarsari. Sekian reviewnya, semoga bermanfaat.
Oiya, thanks to Fufu for all of the photos.

Tagged: , ,

§ 7 Responses to Wisata Alam : Taman Buah Mekarsari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Wisata Alam : Taman Buah Mekarsari at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: