Alarm Kebocoran Gas LPG

01/04/2011 § 8 Comments

Dinihari tadi, saya terbangun oleh bunyi raungan alarm kebocoran gas yang dipasang di tabung LPG kami.  Sebenarnya tidak begitu keras, tetapi untuk ukuran kondisi pagi-pagi buta yang masih sepi, bunyi alarm tersebut ternyata cukup mampu membangunkan kami yang sedang tertidur lelap.  Segera kami menuju dapur dan mengecek, memang benar ternyata ada bau gas bocor menyeruak, dan setelah diperiksa kondisinya itu disebabkan karena regulatornya kurang kencang dipasang. Mungkin kemarin tersenggol pada saat digeser atau karena sebab lain, wallahua’lam.

Ini adalah kedua kalinya alarm yang kami pasang sejak awal Desember ini berbunyi. Sebelumnya kejadiannya juga sama penyebabnya, bagian regulator yang posisinya di tabung gas itu kurang kencang. Dan ini baru terjadi pada satu tabung yang kami beli terakhir (yang saat ini dipakai). Sempat terpikir apakah butuh ganti regulator baru, rasa-rasanya kesimpulan itu masih harus diuji. Regulator ini juga kami beli setelah pindahan ke Tangerang akhir Desember kemarin.  Dan kejadian bocor ini baru terjadi pada tabung gas terakhir yang kami pakai, artinya ada kemungkinan tabung yang kami dapatkan kurang bagus. Tiga tabung pertama yang kami pakai selama di rumah baru ini aman-aman saja tak ada masalah.

Apapun, saya bersyukur dengan adanya si alarm tadi.  Setidaknya ada peringatan dini jika ada gas bocor. Kalau tidak salah, sensor alat tersebut mendeteksi dan bereaksi jika konsentrasi gas di udara telah mencapai kurang lebih 10%.  Maka begitu bereaksi dan berbunyi, si pemilik bisa langsung mengecek kondisinya. Dan melakukan tindakan pengamanan sedini mungkin, seperti melepaskan regulator, membuka jendela dan memberi lebih banyak ventilasi untuk pertukaran udara, dan seterusnya. Yang kita harapkan tentu saja, mudah-mudahan aman-aman saja.

[Penasaran, ingin segera ganti tabung untuk menguji apakah perlu ganti regulator atau tidak :D]

Gambar dari google.

Tagged: ,

§ 8 Responses to Alarm Kebocoran Gas LPG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Alarm Kebocoran Gas LPG at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: