Hal Kecil Itu….

06/10/2010 § 4 Comments

Saya menjumpainya pertama kali sekitar 5 atau 6 bulan yang lalu. Mungkin sebelumnya, namun saat itu saya tidak pernah memperhatikannya. Hanya sepintas lalu. Sosok seorang bapak tukang parkir yang saya anggap sama seperti sederetan tukang parkir yang ada di kompleks perbelanjaan tersebut.

Si bapak mulai mencuri perhatian saat beliau dengan ramah mengajak saya bercakap-cakap sejenak tatkala membantu saya membereskan motor yang akan keluar dari tempat parkir. Hanya percakapan ringan sambil lalu. Kesempatan berikutnya saat saya lewat sana, si Bapak tersenyum sambil melambaikan tangan (eh, masih ingat rupanya? hehe). Kesempatan berikutnya saya parkir di tempat tersebut, saya melirik tangan si Bapak yang ternyata (maaf) cacat, kehilangan beberapa ruas jari. Namun si bapak tetap bersemangat membantu orang-orang yang hendak masuk maupun keluar dari tempat parkir tersebut.  Begitulah selama beberapa bulan.  Sampai beberapa pekan sebelum lebaran saat parkir kembali di sana, turun hujan deras. Saya yang sedang berada di salah satu toko buku di deretan kompleks tersebut teringat, jaket dan masker penutup mulut yang menjadi perlengkapan utama bermotor ria saya letakkan di jepitan depan motor. Waduh, dengan hujan yang turun deras dan kompleks parkiran tak beratap, hampir bisa dipastikan jaket, masker dan helm bakalan basah,😦.

Sesaat setelah hujan reda saya pun menuju tempat parkir. Alangkah kagetnya, sesaat sebelum mencapai motor, si Bapak menghampiri saya dan menyerahkan helm, masker dan jaket dalam kondisi kering. Wah, saya langsung terharu. Setengah terbata, saya mengucapkan terimakasih kepada si Bapak yang sudah berbaik hati menyimpankan perlengkapan bermotor saya di tempat yang terlindungi dari hujan.  Si Bapak tersenyum lebar dan mengatakan, “nggak papa Bu, cuma hal kecil ini,”. Saya sempat speechless sejenak, benar-benar merasakan bahwa sebuah tindakan kecil ternyata bisa begitu berarti untuk orang lain.  Begitulah, sampai dengan hari ini, saya rasa kami berteman dengan sangat baik. Setiap kali lewat atau mampir di sana, kami saling menyapa. Walau sekedar senyum karena beliau sedang sibuk. Kadang-kadang hanya saling memanggil, Pak, Bu.

Ya, saya bahkan tak tahu namanya. Berkenalan secara khusus pun belum pernah. Namun saya tahu, sosoknya adalah orang yang hebat. Seorang pekerja keras dan ulet yang htinya bahkan sangat tulus sekali. Terimakasih Pak, terima kasih atas kebaikan Bapak. Terima kasih sudah mengajari saya arti sebuah ketulusan…:)

Tagged:

§ 4 Responses to Hal Kecil Itu….

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Hal Kecil Itu…. at Catatan Kecil Rina.

meta

