Menabung dan Konsistensi

01/10/2010 § Leave a comment

Salah satu resolusi yang diam-diam saya ingin capai di tahun ini adalah menabung. Sederhana saja sebenarnya. Menyisihkan sekian persen penghasilan setiap bulan untuk dialokasikan dalam sebuah rekening khusus untuk tabungan. Tahun sebelumnya, agenda ini rasa-rasanya belum tercapai secara maksimal,๐Ÿ˜€. Selalu saja ada alasan untuk skip menabung secara khusus setiap bulannya, dan terbukti hasilnya di akhir tahun kemarin rekening tabungan hanya berkisar di angka itu-itu saja, huehehe.

Jadilah, di awal tahun ini saya dan si Ayah ber-azzam untuk menjadikan program menabung sebagai sebuah prioritas. Kami sepakati bersama supaya setiap awal bulan sekian persen dari penghasilan masing-masing dimasukkan ke dalam rekening tabungan bersama-sama. Tidak boleh ada alasan untuk tidak melakukannya. Walaupun pada akhirnya jumlah yang harus ditabung menjadi fleksibel, namun setidaknya hingga bulan ke-9 tahun ini saya mulai bisa tersenyum. Almost done ๐Ÿ˜‰.

Satu hal yang saya pelajari dari sebuah kegiatan bernama menabung ini adalah arti sebuah konsistensi. Walaupun kelihatannya mudah sekali, ternyata menjaga konsistensi untuk tetap teguh menabung itu ternyata susah. Memulainya mungkin sebuah tindakan yang sederhana, tetapi menjaga untuk tetap konsisten dan rutin ternyata jauh lebih sulit. Selalu ada godaan untuk menundanya setiap awal bulan, tetapi jika dituruti, pada akhirnya yang terjadi bukan penundaan. Justru teralokasikan ke yang lain. Itulah mengapa setiap awal bulan harus segera menunaikan kewajiban menabung ini. Tidak boleh kecolongan, karena sekalinya kecolongan, saya seperti menemukan alasan untuk kecolongan (lagi) di bulan berikutnya, hehe.

Di pertengahan tahun ini, akhirnya saya juga memutuskan untuk mengikuti sebuah tabungan rencana yang ditawarkan oleh sebuah bank tertentu.ย  Dengan sistem auto debet setiap bulan, konsistensi menabung pasti akan lebih terjaga. Tidak berasa soalnya, tahu-tahu rekening sudah berkurang dan beralih ke tabungan,๐Ÿ˜€.ย  Ini lebih mudah daripada menabung sendiri. Namun meskipun begitu, program menabung sendiri juga tetap harus berjalan. Jadi, doakan saja mudah-mudahan saya bisa konsisten seterusnya dengan urusan tabung-menabung ini..^^

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Menabung dan Konsistensi at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: