Agar Anak Mencintai Buku

22/09/2010 § 3 Comments

Sore kemarin sepulang kantor saya menyempatkan diri mampir ke salah satu toko buku untuk membelikan beberapa buku untuk Khonsa. Akhir-akhir ini memang minatnya terhadap buku terlihat meningkat. Saya memilihkan beberapa buku cerita bergambar binatang dan boneka, hehe. Seperti biasa, memilih buku cerita yang ada gambar dan ilustrasi pendek.  Alhamdulillah, dia suka sekali. Seperti yang saya duga sebelumnya, semua buku langsung dibuka-buka, dan dia sibuk menunjuk ini itu mengenali gambar-gambar yang ada di dalamnya. Untuk beberapa gambar yang familiar, ketika ditanya dia bisa menunjuk dengan tepat,😀. Tadi malam sebelum tidur saya sempatkan membacakan 2 buku sambil melakukan improvisasi ceritanya. Menyenangkan. Semoga kelak mencintai buku buku ya Nak.😉

Oiya, berikut ini ada artikel bagus dan tips agar anak mencintai buku, saya ambil dari SINI.

Kebanyakan orangtua pasti ingin anaknya mencintai buku. Tapi, membaca, memahami isi buku, hingga menjadikan si kecil kutu buku, membutuhkan lebih dari apa yang didapatnya dari sekolah.

Porsi yang cukup terhadap pendidikan dini terkait pula dengan kemampuan membaca, dari memahami huruf hingga mengucapkan kata. Untuk mengasah kemampuan tersebut, anak-anak butuh contoh dari orangtuanya di rumah.

Membaca diawali dari rumah, jauh sebelum anak Anda masuk dalam lingkungan sekolah. Sedari kecil, mereka merasakan seberapa besar minat kita terhadap buku. Kalau kita bisa menjadikan baca sebagai kegiatan yang nyaman, maka anak-anak juga akan merasakannya.

Berikut enam trik menjadikan si kecil pencinta buku, seperti diungkap Sheknows.

Punya buku di rumah

Aksi sederhana memiliki buku di rumah mengatakan pada si kecil bahwa membaca itu penting. Biarkan mereka “merasakan” kata-kata yang terdapat di halaman depan buku-buku tersebut.

Dengan itu, mereka akan lebih nyaman dengan bentuk huruf dan kata. Memang, ini tidak menjamin si kecil bisa membaca lebih awal, tapi setidaknya menjadikan kegiatan membaca nyaman baginya.

Atur waktu harian

Dengan bergabung di klub membaca, Anda bisa saling mendiskusikan isi buku dengannya atau dengan kelompok yang lebih luas. Dan untuk si kecil, Anda bisa turut mengajaknya saat ajang diskusi berlangsung. Jadi, ia semakin mengenal arti kebiasaan membaca.

Atur waktu harian untuk membaca dengan si kecil, bukan hanya membaca saat mengantarnya tidur. Jadikan aktivitas ini bagian dari rutinitas hariannya. Ini mengirimkan sinyal pada si kecil bahwa membaca adalah bagian dari hidup, bukan sesuatu yang spesial atau luar biasa.

Menjadi contoh

Kalau ingin membentuk si kecil menjadi pencinta buku, sebelum itu terjadi, Anda harus memiliki kebiasaan itu terlebih dahulu. Membaca dengan rutin (sebelum waktu membaca bersama si kecil) berbagai jenis buku, apakah fiksi atau nonfiksi. Intinya, biarkan si kecil tahu bahwa Anda menikmati kegiatan membaca.

Ajak pasangan untuk menerapkan hal serupa. Adalah penting bagi anak-anak untuk melihat ayahnya membaca dengan rutin, seperti ibunya.

Ajak si kecil ke perpustakaan lokal

Perpustakaan lokal adalah sumber yang sangat baik untuk mengalirkan kebiasaan membaca kepada si kecil. Kalau si kecil sudah bisa meminta Anda untuk mengajaknya ke sana, maka segeralah. Libatkan pula si kecil pada berbagai kegiatan yang diadakan perpustakaan lokal, dan lebih banyak waktu berkunjung.

Jadikan buku sebagai hadiah

Kesempatan memberi hadiah adalah cara yang sangat baik untuk menjadikan si kecil pencinta buku. Berikan buku dengan berbagai variasi cerita agar si kecil semakin mengenal dunianya dengan lebih kaya.

Bergabung pada klub membaca orangtua-anak

Banyak pusat komunitas, sekolah, dan perpustakaan yang memiliki klub membaca untuk orangtua dan anak. Biasanya, kegiatan ini melibatkan anak yang lebih tua.

Selamat mencoba ya Bunda. Kalau saya secara pribadi berkeinginan membuatkan perpustakaan mini untuk si gendhuk. Kapan ya bisa terealisasi?😉

Tagged: ,

§ 3 Responses to Agar Anak Mencintai Buku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Agar Anak Mencintai Buku at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: