Peralatan/Perlengkapan untuk MPASI

20/09/2010 § 1 Comment

Barusan seorang sahabat mengontak saya lewat GTalk. Ngobrol ala emak-emak, kebetulan dalam hitungan hari si kecilnya akan memulai MPASI. Saya jadi teringat masa-masa awal MPASI-nya si gendhuk. Beberapa pekan sebelum hari H tiba, saya ribut kesana kemari mengumpulkan segala macam peralatan yang dibutuhkan. Berikut ini dari catatan saya, aneka peralatan yang sebaiknya disiapkan bunda yang akan memulai MPASI si kecil :

  1. Food Maker.

    Beberapa produsen perlengkapan bayi memiliki produk food maker. Satu set food maker lengkap terdiri dari pemeras jeruk, grinder / ulekan, saringan, dan parutan. Ini merupakan salah satu must have item untuk para bunda. Lengkap dan praktis digunakan soalnya. Untuk masa-masa awal MPASI, insya Alloh sangat berguna. Di pasaran, ada berbagai pilihan seperti merk P****n, P**u, IQ B***y, dll.

  2. Panci + Centong
    Sangat disarankan untuk memisahkan panci untuk memasak makanan si kecil dari panci yang digunakan keseharian di dapur. Sebaiknya juga menggunakan panci stainless dengan tutup kaca. Pilih panci yang bisa sekalian digunakan untuk mengukus alias panci kukus. Jadi di samping berguna untuk memasak bubur, panci juga dapat digunakan untuk membuat nasi tim, mengukus buah/sayuran dll. Kebetulan saya memiliki 2 macam panci, panci biasa dan panci listrik ukuran mini. Untuk travelling, panci kukus listrik ukuran mini ini sungguh bermanfaat. Kalau untuk centong, saya lebih suka menggunakan centong kayu. Nggak panas soalnya kalau masih tercelup di panci, wuehehe.
  3. Blender / Hand Blender
    Beberapa artikel dan milis menyarankan menggunakan blender kaca. Ingat soal BPA Free kan? Blender ini digunakan untuk menghaluskan makanan bayi, membuat jus buah, dll. Secara pribadi, saya lebih suka menghaluskan makanan dengan sendok saja. Halusnya blender menurut saya terlalu berlebihan. Haluuus banget. Jadi ingat anak tetangga depan rumah yang hingga usianya 4 tahun maunya hanya makanan yang berblender, malas mengunyah.

  4. Pisau & Talenan
    Adalah lebih baik memisahkan pisau untuk sayur/buah dengan pisau daging. Ketika si kecil sudah boleh makan daging, ini akan berguna. Pun demikian dengan talenannya, lebih baik dipisah juga.
  5. Mangkok & Sendok Stainless
    Saya lebih suka membuat bubur tim dengan menggunakan mangkok stainless yang dikukus di panci hehe. Mangkok ini juga berguna untuk memisah-misahkan bahan makanan hari itu. Untuk working mom seperti saya misalnya, pagi-pagi saya menyiapkan bahan makanan masing-masing per takaran makan di setiap mangkok stainless. Nanti si mbak yang akan memasak.
  6. Saringan Kawat
    Untuk menyaring jus buah, untuk menyaring tim saat si kecil sudah masuk tahap tim saring, dll.
  7. Feeding  Set ,Training Cup & Slaber / Bib
    Jangan lupa memilih yang BPA Free. Sekarang sudah banyak sekali kok di pasaran. Untuk training cup, pelan-pelan saja melatih si kecil, tidak perlu dipaksa. Reflek setiap anak untuk minum dari gelas berbeda-beda, ada yang sudah pintar begitu diajari, ada yang butuh agak lama. Kuncinya, jangan dipaksa. Sedangkan slaber/bib berguna agar baju si kecil tidak ikut kotor saat makan/belepotan.
  8. Tempat Penyimpan Kaldu
    Ketika si kecil sudah boleh makan kaldu, alat ini akan bermanfaat. Cukup sekali seminggu membuat kaldu, lalu simpan di freezer dengan penyimpan kaldu ini. Bisa menggunakan ice tray bertutup, atau plastik. Kalau saya sih lebih suka menggunakan Baby Cubes.
  9. Lain-Lain
    Untuk printilan lain-lain yang kecil-kecil seperti plastik kedap udara, kemudian kontainer-kontainer kecil untuk menyimpan tepung gasol misalnya, sebenarnya tidak begitu penting. Hanya tambahan saja, dan biasanya akan muncul seiring waktu, misalnya cetakan puding lucu-lucu, baby safe feeder, parutan keju dll.  Oiya, akan lebih bagus jika keseluruhan peralatan MPASI si kecil ditempatkan di satu kontainer besar tersendiri.

Sebagian peralatan tersebut saya beli secara online, sebagian lainnya secara offline di Pasar Tebet dan Toko Melati (Pasar Baru). Sekarang saat Khonsa sudah 17 bulan, memang ada peralatan yang sudah tidak begitu terpakai. Namun tetap saya simpan, insya Alloh bisa digunakan untuk adik-adiknya kelak.😀.  Selamat (mempersiapkan) MPASI ^^

Tagged: , ,

§ One Response to Peralatan/Perlengkapan untuk MPASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Peralatan/Perlengkapan untuk MPASI at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: