Melanjutkan Kuliah

16/09/2010 § 4 Comments

Sesuai dengan peraturan instansi tempat saya bekerja, tahun ini saya baru boleh melanjutkan kuliah ke jenjang sarjana. Berdiskusi dengan ayah Khonsa, alhamdulillah beliau memperbolehkan dengan catatan tidak boleh meninggalkan Khonsa selain di siang hari. Artinya hanya ada 2 kemungkinan, kuliah tugas belajar (off dari kantor selama kuliah) atau UT (Universitas Terbuka). Ya, untuk emak-emak seperti saya yang sudah memiliki buntut alias krucil, pasti akan memilih perkuliahan yang bisa dijalani tanpa harus meninggalkan si kecil.

Opsi pertama tentu saja dengan memilih tugas belajar.  Off dari kantor selama perkuliahan memang terdengar lebih menyenangkan,😀. Selain bisa lebih konsentrasi kuliah, waktu yang saya alokasikan untuk si gendhuk juga tidak akan berkurang, malah mungkin bertambah. Konsekuensinya, selain THP dipotong, menurut beberapa emak-emak senior yang sudah lebih duluan ngampus, tugas-tugas kuliahnya memang lebih banyak, hehe. Tapi katanya asal rajin dan bisa mengatur waktu, insya Alloh nggak masalah.

Opsi berikutnya adalah ikut UT. Perkuliahan di UT menurut informasi memang mudah, datang mengurus administrasi, tahu-tahu ujian hehe. Alias tidak perlu masuk bertatap muka dengan dosen *katanya*. Beberapa senior saya di kantor juga memilih kuliah di sini. Nilai minusnya adalah, *katanya* ujiannya syusyah, IPnya juga syusyah. Lulusnya bisa lebih lamaaa *lagi-lagi kata senior*.

Sebagai manusia normal *halah*, kadang-kadang terbersit keinginan untuk kuliah di universitas yang normal.  Rindu bercengkerama di kelas, rindu berinteraksi dengan sesama mahasiswa. Kemarin sempat berpikir ingin ambil kelas ekstensi, tapi lagi-lagi. Hati kecil saya berontak dan lebih condong kepada si gendhuk. Saya membayangkan jika harus kuliah malam-malam. Pagi hingga sore bekerja di kantor, malamnya kuliah. Lha terus si gendhuk dapat apa donk? Sisa kelelahan emaknya? Rasanya sangat tidak adil untuknya.

Atas beberapa pertimbangan tersebut, saat ini saya sedang berkonsentrasi penuh terhadap kesempatan mendapatkan tiket tugas belajar. Alhamdulillah kemarin sudah melewati tes tahap pertama, Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris. Insya Alloh pekan depan akan mengikuti tes tahap kedua yakni Psikotes. Mudah-mudahan semuanya lancar, amiiin.

Foto dari google.

§ 4 Responses to Melanjutkan Kuliah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Melanjutkan Kuliah at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: