Aman di Jalan dengan Carseat

02/09/2010 § Leave a comment

Jika Anda harus membawa bayi kecil Anda di dalam mobil, sudah saatnya Anda melindunginya dengan car seat. Inilah panduan lengkap cara penggunaannya.

Sekilas, bukan hal yang sulit untuk membawa si kecil sambil melaju dalam mobil. Itulah, pemandangan khas yang bisa kita saksikan di Indonesia. Kebanyakan orang tua tak merasa perlu berpusing-pusing berpikir bagaimana caranya menjaga keamanan si kecil selama berkendara. Toh, anak bisa digendong atau dipangku.

Masalahnya, cara seperti itu sama sekali tidak aman. Sadarkah Anda, cara itu sebenarnya hanya menjadikan tubuh si kecil itu menjadi bumper orang yang menggendong atau memangkunya?

Ketika terjadi kecelakaan, hentakan yang keras dari benturan mobil dapat membuat tubuh anak terjepit tubuh orang dewasa yang menggendongnya, atau ia justru akan terlempar ke depan. Yang gawat adalah bila kaca depan pecah. Ia bisa langsung terlontar keluar melalui kaca yang pecah itu. Sekedar menggunakan sabuk pengaman  (seat belt) juga bukan jawaban, karena sabuk ini tidak dirancang untuk tubuh anak-anak, yang berisiko tercekik.

Karena itulah Anda harus menggunakan kursi khusus buat anak, yang biasa disebut car seat. Kursi ini bisa dipasang dan ditarik, jadi tidak menempel permanen ke mobil. Anda juga bisa menggunakannya ketika naik taksi.

Car seat adalah alat krusial untuk mengamankan anak dalam mobil. Bukan itu saja. Dengan melatihnya duduk sendiri di dalam mobil, sebenarnya Anda melatih kemandirian si kecil disamping membuatnya nyaman selama perjalanan.

Masih belum yakin? Perhatikan saja kutipan berikut ini. Dalam situs http://www.aap.org disebutkan, sepanjang tahun 2000, sekitar 539 anak berusia di bawah 5 tahun di Amerika Serikat tewas dalam kecelakaan mobil. Terjadinya kecelakaan ini hanya karena tubuh mereka sama sekali tidak terikat atau tidak terikat dengan benar ke car seat- nya.

Beda usia, beda car seat

Berdasarkan jenisnya, car seat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:
– Infant car seat, yakni kursi mobil khusus untuk bayi usia 0-1 tahun dengan berat badan maksimal 10 kg.
– Toddler car seat khusus untuk anak usia 1–4 tahun dengan berat badan antara 10–20 kg.
– Young children car seat adalah kursi khusus untuk anak usia 4–8 tahun dengan berat badan lebih dari 20 kg.

Mengingat pentingnya alat ini, negara-negara maju seperti Amerika Serikat atau Jepang, pemerintahnya mewajibkan orang tua untuk menggunakan car seat bagi anaknya dalam kendaraan.

Laila Andaryani Hadis
Sumber : http://www.anakku.net

***

Insya Alloh lebaran ini kami akan kembali membawa Khonsa mudik ke rumah mbahnya di Cilacap dan Jogja naik mobil. Tahun lalu alhamdulillah mudik dengan mobil berjalan lancar, dan Khonsa sepanjang perjalanan selalu bersikap manis di carseat-nya (foto di atas diambil saat mudik tahun lalu) . Ya, tahun lalu saya menyewa carseat dari sebuah persewaan perlengkapan bayi. Insya Alloh, tahun ini Khonsa akan menggunakan carseatnya sendiri. Walaupun carseat yang kami miliki sebenarnya untuk infant, namun berhubung si krucil BBnya masih belum ada 10 kg, jadi masih bisa dipakai,😀.

Saya sudah merasakan sendiri betapa bergunanya penggunaan carseat ini.  Badan si kecil tertopang dengan baik dan jelas aman, apalagi jika dipakai dengan benar. Kalau sopirnya ngerem mendadak, insya Alloh juga aman karena badan bayi akan tertarik ke belakang, bukan ke depan.  Buat Ibu, carseat sangat membantu dan memudahkan selama perjalanan, tidak terus menerus capek memangku si kecil. Mudah-mudahan nanti Khonsa tetap anteng di carseat dan perjalanan berlangsung lancar. Amin.

Nah, untuk bunda yang merencanakan mudik dengan kendaraan pribadi, saya menyarankan untuk menggunakan carseat.  Demi keamanan dan kenyamanan si kecil. Tidak harus beli kok, sekarang sudah banyak yang menyewakannya dengan harga terjangkau,😉


Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Aman di Jalan dengan Carseat at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: