Rutinitas untuk Si Kecil

01/09/2010 § Leave a comment

Saya baru saja blogwalking ke rumah salah satu teman yang hari ini memposting sebuah tulisan mengenai pembiasaan. Ya, pembiasaan. Tiba-tiba saja saya ingat salah satu konsep parenting yang juga sering saya saksikan di acara Nanny 911, yakni mengenai pentingnya rutinitas untuk bayi/anak.

Orangtua perlu membuat rutinitas untuk si kecil sejak sedini mungkin. Bahkan sejak saat masih newborn. Selain akan mempermudah si anak mengenali dan menyesuaikan diri dengan dunia barunya, sebuah rutinitas pada akhirnya akan menuju ke arah kedisiplinan.  Tentu saja hal ini akan mempermudah orangtuanya juga. Nah, sebagai contoh saja, saya memulai rutinitas tidur malam Khonsa semenjak dia berusia sekitar satu bulan (pernah saya tulis di sini). Hasilnya cukup mengagumkan, sampai dengan hari ini jadwal tidur malamnya selalu konsisten dan tidak berubah. Satu atau dua kali mungkin pernah berubah, namun hal itu terjadi ketika ada situasi tertentu, misalnya ketika kami pulang bepergian.

Rutinitas jadwal harian si kecil sebaiknya secara garis besar selalu sama setiap harinya. Semenjak bangun pagi hingga kemudian tidur lagi malam harinya, kami selalu mengusahakan untuk menciptakan sebuah rutinitas yang konsisten. Kapan sarapan, kapan mandi, kapan bermain, dan kapan tidur. Dan untuk mengenali aktivitas tersebut, saya juga membuat semacam sub rutinitas kecil. Misalnya, ketika dia akan bermain, berarti saatnya saya membuka kontainer mainannya. Ketika sesi bermain diakhiri, saya mengajaknya bersama-sama merapikan si kontainer beserta tetek bengeknya. Jika hendak tidur siang, saya mengajaknya cuci muka, cuci tangan, cuci kaki, lalu masuk ke kamar dan menutup pintunya. Membawa beberapa boneka kesayangannya ke atas kasur, lalu mengajaknya berbaring dan tidur.

Dengan cara membuat rutinitas, sekarang-sekarang ini kami cukup terbantu,😉. Sangat berguna. Mudah-mudahan ke depan bisa konsisten.

Tagged:

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Rutinitas untuk Si Kecil at Catatan Kecil Rina.

meta

