Home Sweet Home

29/08/2010 § 2 Comments

Belakangan ini saya dan si ayah mulai intens membicarakan soal salah satu kebutuhan primer kami sebagai sebuah keluarga, yaitu rumah. Rumah yang nyaman. Sebenarnya salah satu resolusi tahun ini adalah memiliki rumah untuk berteduh.  Beberapa bulan lalu pun sempat hampir deal untuk memulai memiliki tempat berteduh, tetapi ternyata belum berjodoh. Ya, teringat salah satu perkataan Bapak saya dulu, bahwa yang namanya mencari rumah ibaratnya seperti mencari jodoh. Gampang-gampang susah, susah-susah gampang. Cocok di kantong belum tentu cocok di hati, begitupun sebaliknya. Bisa jadi proses pencariannya cukup panjang, namun insya Alloh akan jika sudah bertemu jodohnya, akan dimudahkan. Hal itulah yang selalu kami ingat sehingga ketika ada penawaran atau ada ketertarikan, banyak hal yang kemudian kami libatkan dalam pertimbangan.

Beberapa pertimbangan yang sejauh ini terbayang di pikiran kami antara lain akses , lingkungan, fasilitas dan kenyamanan alias kecocokan kantong dan hati,😉 . Akses menjadi suatu hal yang penting, apalagi bagi sebuah rumah di kawasan Jakarta dan sekitarnya yang merupakan kawasan macet. Siapa sih yang mau memiliki rumah nyaman namun susah diakses? .  Paling tidak rumah kami nanti haruslah sebuah kawasan yang tidak sulit dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum.  Lingkungannya sebisa mungkin bebas banjir. Dekat dengan masjid, fasilitas pendidikan (yang Islami), kesehatan, pasar, dll. Mungkin terdengar idealias ya, tetapi saya menginginkan lingkungan dan tetangga yang bisa saling mengingatkan dalam kebaikan. Tetangga yang ramah dan terbuka, terbayang seperti tetangga-tetangga saya di kampung halaman di Jogjakarta. Kalau soal kenyamanan hati, barangkali bisa diusahakan. Paling tidak harus ada chemistry-nya dulu (kayak pasangan aja ya, hehe), semacam  love at the first sight. Nah, yang terakhir soal kecocokan kantong, ini yang harus benar-benar dicermati supaya sesuai dengan budget yang kami sediakan.

Mengenai bangunan rumahnya sendiri, saya menginginkan sebuah rumah yang minimalis. Tidak perlu besar, tetapi lapang. Dengan ruang tidur, ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, sebuah garasi, dan barangkali ditambahkan dengan teras serta halaman depan dan belakang, hehe. Tidak perlu banyak barang-barang di dalam rumah, seperlunya saja. Oiya, ditambah juga sebuah ruang kerja mungil yang akan sekaligus saya gunakan sebagai gudang mini sebagai penunjang bisnis online kami. Terakhir,  sebuah mushola mini yang akan digunakan untuk berjamaah sekeluarga, atau mengaji.😉

Satu hal lagi yang saya impikan jika memiliki rumah nanti adalah, punya ruang perpustakaan pribadi yang nyaman. Hehe. Walaupun berukuran kecil, atau mungkin hanya kebagian di sebuah sudut tak masalah.  Yang penting saya bisa meletakkan buku-buku kesayangan dan menikmatinya. Terbayang sebuah rak buku, mungkin yang menyatu dengan dinding supaya menghemat tempat. Kemudian ada karpet atau mungkin sofa dengan bantal-bantal sebagai sarana penunjang kenyamanan membaca dan menikmati buku.  Jika perpustakaannya berupa ruangan, maka bagian yang bersebelahan dengan luar / menghadap ke luar akan lebih baik jika dilengkapi jendela yang lebar. Tentunya bagian luar berupa taman atau kolam ikan, pokoknya pemandangan yang alami. Sounds great ya? *baru mimpi*

Yeppp. Sejauh ini, saya baru bermimpi dan menuliskannya di sini. But it’s okay, setidaknya dari mimpi-mimpi ini saya berharap memiliki semangat untuk berikhtiar mewujudkannya. Amin.

Ilustrasi Foto pinjem dari google,😀.

Tagged: ,

§ 2 Responses to Home Sweet Home

  • bundamahes says:

    huwaaaaaaaa…. kalo saya pengennya rumah dengan halaman belakang/depan yang luasssssss! bentuk joglo dengan pendopo yang bisa dibuat lari2 anak-anak/cucu-cucu saya.

    tapi hal itu benar-benar mimpi untuk bisa menemukannya di jakarta!😦

    • rina says:

      ya sepertinya kalau di jakarta susah mbak
      pengin juga punya halaman yang luas, tapitapitapi
      kayaknya nggak memungkinkan
      jadi yang penting punya halaman dulu deh🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Home Sweet Home at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: