[Buku] Long Distance Love

27/08/2010 § Leave a comment

Judul Buku          : Long Distance Love

Author                  : Imazahra, dkk

Penerbit              : Lingkar Pena, 332 halaman.

[Review ini saya tulis pada April 2009, tahun  lalu, saat harus LDL sejenak dengan suami].

“Mozaik Kehidupan Seperti Apa yang Kau Jalani Sekarang, Saat Aku Tak di Sisimu, Sayang?”

Wuih…Saya langsung jatuh hati sama kalimat itu. Kalimat yang tertulis di sampul depan buku LDL, tepat di bawah tulisan judul. Menarik dan romantis,😀. Apalagi buat saya yang hampir 2 bulan ini menjalani LDL dengan suami karena suatu alasan yang mengharuskan kami terpisah jarak Jakarta-Jogjakarta. Meski belum ada apa-apanya dibandingkan dengan kisah para pelaku LDL di buku tersebut, namun paling tidak saya sudah merasakannya walaupun hanya 2 bulan saja.

Buku setebal 300 halaman lebih ini mengisahkan ‘orang-orang hebat’ yang pernah maupun masih menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangan hidupnya. Saya bilang ‘hebat’, karena rata-rata mereka bertahan menjalani LDL berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun hingga sekarang. It’s hard, bagaimana mereka harus mampu mempertahankan dan menguatkan cinta, mengalahkan dan melipat jarak yang terbentang, bukan hanya beda kota atau beda pulau, namun juga beda benua.

Kisah-kisah yang tertuang di sana sangat inspiratif dan menggugah. Bahkan beberapa kisah mengajak saya menitikkan air mata, terharu. Mbak Ima mengawali buku ini dengan kisah LDLnya, kesempatan berkuliah di luar negeri Mbak Ima dan suami yang didapatkan tidak dalam jangka waktu yang sama, bahkan justru hanya berselisih sehari setelah mbak Ima selesai kuliah dan pulang ke Indonesia. Dilanjutkan dengan kisah LDL para sahabat mbak Ima yang tak kalah menyentuh. Pernikahan beda negara bahkan beda benua, tuntutan pekerjaan, kesempatan kuliah, beasiswa yang kesemuanya menuntut mereka untuk berpisah dengan pasangan hidup masing-masing.

Tiap cerita memiliki ciri khas masing-masing penulis (kalau kata mbak Leila Niwanda, buku keroyokan istilahnya). Dari diksinya, gaya penceritaannya, sudut pandangnya, beraneka ragam. Namun justru itulah yang membuat buku ini -ibarat masakan- kaya akan bumbu. Pembaca justru tak bosan mengikuti ceritanya dari awal sampai akhir. Tambahan di bab akhir mengenai Tips dan Trik Menjalani LDL cukup memperkaya pengetahuan kita jika suatu saat harus menjadi bagian dari laskar LDL juga. Kalaupun ada kekecewaan saya ketika membaca satu atau dua cerita (no offense yah mbak Ima dkk :D), semata-mata karena ceritanya sedikit kurang menggugah dibandingkan kisah lainnya. But its okay, karena secara keseluruhan buku ini tetap memberikan banyak hal, banyak pengalaman, pelajaran dan hikmah untuk para pembacanya.

Ada tawa, ada air mata, ada kesedihan, ada ketegaran, ada kemandirian, ada pengharapan, ada semangat, ada doa, ada romantisme dan sejuta hikmah di buku ini. Mengajarkan kita bahwa sebuah pernikahan yang dilandasi dengan niat dan komitmen yang kuat karenaNya, tak akan pernah mengenal jarak sekalipun terpisah benua. Bagaimana mereka harus menjaga komunikasi dengan baik. Saling mengerti dan memahami meski tak setiap hari bertatap muka. Saling menguatkan dalam kesendirian. Ah, salut! Saya hampir tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya menjalani kehamilan tanpa suami di sisi, mengasuh si kecil tanpa si ayah yang siaga, menjadi ibu sekaligus ayah saat sedang berjauhan dengan pasangan. Orang-orang di buku ini membuktikan bahwa mereka bisa, terlepas dari berbagai emosi, rasa dan kepingan hati yang mungkin harus berkecamuk. Pokoknya mah, buku ini wajib dibaca untuk teman-teman yang sedang LDL atau mungkin berpeluang LDL suatu saat nanti.😀

(many thanks buat mbak Imazahra yang saat itu sudah berkenan direpotkan).
Gambar buku saya ambil dari google.

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading [Buku] Long Distance Love at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: