Serba-Serbi Jualan Online

29/05/2010 § 10 Comments

Barusan ngintip lilipie tickers yang ada di web jualan Khonsa. Eheuuu, tanpa terasa ternyata khonsababySHOP sudah beroperasi kurang lebih 9 bulan. Tiga bulan lagi menuju 1st anniversary. Jadi heri alias heboh sendiri, wkwkwk. Ternyata sudah sejauh ini berjualan. Ternyata bisnis online yang bermula dari iseng-iseng itu berlanjut menjadi salah satu sambilan menyenangkan di sela-sela tugas kantor yang menumpuk. Saya kecanduaaaan….

Ya, awal berdirinya khonsababySHOP bisa dibilang sebuah ketidaksengajaan. Saya yang kebetulan saat itu aktif di forum internal ibu-ibu seinstansi, sering dititipi belanjaan oleh teman-teman di luar Jawa. Apalagi kalau bukan perlengkapan bayi. Ada yang nitip pompa ASI, baju bayi, mainan, botol ASIP dll. Jadilah waktu itu kami berpikir, kenapa tidak dibisniskan saja ya?

And here we go. Alhamdulillah, 9 bulan ini perkembangan khonsababySHOP cukup baik. Target 6 bulan pertama untuk ‘mengenalkan’ khonsababySHOP di kalangan online buyer alhamdulillah cukup tercapai. Senang sekali ketika ada orang yang pernah berbelanja di khonsababySHOP melakukan repeat order alias berbelanja kembali, hehe. Atau merekomendasikan online shop kami kepada teman-temannya. Sekarang khonsababySHOP juga mulai menerima pembelian secara grosir untuk beberapa item barang. Dari awal belum memakai logo, stempel maupun nota, sekarang khonsababySHOP sudah memiliki logo yang juga menjadi desain stempel, plus nota yang dicetak khusus. Alhamdulillah.

Selama 9 bulan ini saya juga belajar banyak hal tentang ilmu berdagang. Belajar strategi marketing, heuheu. Belajar berkompetisi dengan pedagang lainnya, belajar menghadapi pembeli yang kadang-kadang pertanyaannya sangat mendetail, melayani tawar menawar harga, melakukan pengiriman sebaik mungkin, dan belajar mengelola keuangan online shop. Memutarkan modal kembali untuk mendapatkan barang-barang baru. Mencari supplier yang bisa memberikan harga paling kompetitif dibanding wholesale lainnya. Belajar mengintip peluang pasar, berusaha menyediakan barang-barang unik tetapi tetap banyak dicari dll. Yang utama adalah, belajar menerapkan agar slogan ‘friendly price, friendly services’ kami sesuai dengan kenyataan. Menjadikan khonsababySHOP sebagai online shop yang menawarkan harga bersahabat dengan pelayanan yang ramah tentunya.

Yang paling saya sukai adalah ketika datang barang-barang baru, sibuk memfoto-foto, memberi keterangan, menentukan harga, lalu diupload, hehe. Ada juga momen menyenangkan ketika ada pembeli yang tak terlalu banyak detail. Tanya ketersediaan, konfirm ada, lalu deal. Kalau pembeli kayak gini, diskonnya pasti lebih banyak. Yang kadang bikin senewen, kalau pembelinya berulang kali tanya-tanya hal yang sama, barang yang sama, minta diskon gede, eh ujung-ujungnya tak ada kabar alias ngilang. Geregetan. Apalagi yang sampai booked barang segala, sudah minta nomor rekening, tiba-tiba lenyap ditelan bumi, woehehe. Begitulah, serba-serbi jualan. Se-senewen apapun, yang ada malah jadi ketawa-ketiwi.

Anyway, saya berharap bisnis ini bisa terus berkembang ke depannya. Setidaknya tetap menjadi media refreshing saya di tengah-tengah tekanan pekerjaan yang tak kenal henti,😀. Doakan ya.

Tagged: , ,

§ 10 Responses to Serba-Serbi Jualan Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Serba-Serbi Jualan Online at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: