Khonsa 13 Bulan

05/05/2010 § 8 Comments

Alhamdulillah, hari ini Khonsa ulang bulan ke-13. Makin hari, selalu ada hal-hal baru yang menakjubkan. Saat pulang kantor adalah waktunya ‘terkejut’ dengan apa saja hal-hal baru yang dilakukannya sehari itu. Berikut ini sedikit catatan mengenai perkembangan Khonsa di bulan ke-13 :

  • Sudah pintar minum menggunakan sedotan.
    Sebenarnya sudah sejak lama berusaha mengenalkan sedotan pada Khonsa. Hanya saja, selama ini sedotan yang kami sodorkan lebih sering digigit-gigit aja, dianggap mainan kali yah?😀. Sekitar 1 pekan lalu, si mbak berteriak girang ketika saya menelepon ke rumah. ‘Bu, adek dah pinter mimik pake sedotan’, kata si mbak. Alhamdulillah.  Sejak hari itu, resmilah Khonsa menggunakan media sedotan sebagai perantara minum. Bye bye dot (tapi sesekali masih ngedot ketika siang hari, minum susu menjelang tidur siang).
  • Sudah lebih berani melangkah.
    Alhamdulillah. Pertengahan April, kami ke Pasar Gembrong di Prumpung, Jatinegara. Niatnya sih, beli mainan laptop2an buat Khonsa, hihi. Tapi sampai di sana, kami memutuskan untuk membeli buggy walker buat Khonsa. Buggy walker adalah semacam alat bantu jalan (untuk didorong2) yang bisa berfungsi sebagai mobil2an juga. Hehe. Buat yang penasaran, penampakannya seperti ini (harusnya sih Khonsa jalan di antara dua palang tesebut) :
    Lumayan, sepekan setelah memakai ini, Khonsa sudah mau ditetah dengan tangan. Sepekan kemudian berani berdiri sendiri tanpa berpegangan, dan sekarang mulai melangkah 3-5 langkah,😀. Mudah-mudahan cepat berlariii…
  • Kosakatanya semakin banyak, walaupun yang dibunyikan ujungnya aja. Bulan ini nambah yeyek (ndherek/ikut), kan (ikan), empe (tempe) dan peeh (hape).
  • Kemampuan memahami perintah dan melakukan apa yang kami minta semakin bagus. Seperti ambil A, ambil B, dst. Juga lebih banyak mengenali barang-barang yang ada di sekitarnya. Oiya, bulan ini selain suka nonton Upin Ipin, Khonsa mulai terlihat enjoy menyaksikan DVD Brainy Baby. Yang isinya nyanyi-nyanyi, pengenalan warna, bentuk, binatang dll. Dijamin anteng.
  • Bebas Ompol di malam hari, horee.
    Alhamdulillah kalau malam Khonsa sudah bebas ompol. Sebelum bobok, waktu terbangun karena pengin pipis dan begitu bangun tidur, rutinitasnya adalah diajak pipis di kamar mandi. Sejauh ini berhasil. Hanya siang harinya aja kurang dimantapkan.😀
  • Kalau diajari sesuatu, langsung bisa mengikuti dan mempraktekkan. Misalnya diajari tunjuk-tunjuk anggota badan, diajari cara membuka kotak mainan, cara menyalakan saklar lampu dll. Ingatan anak-anak ternyata memang bagus banget. Sekarang sedang intens belajar berhitung dan pengenalan warna.😀
  • Untuk makanan, jelas sudah family food. Konsumsi makan sehari-harinya Khonsa terdiri  nasi, sayur dan lauk. Untuk variasi sayur, selain dimasak sayur bening, sop, kadang-kadang malah hanya sayuran rebus saja. Seperti labu, wortel, bayam dsb. Lauk sehari-harinya adalah tempe, tahu, ikan, ayam, ati, keju. Bulan ini berkenalan dengan abon sapi, dan ternyata dia sukaaa banget,😀. ASI masih lanjut donk (malah nenenholicnya makin menjadi) dan sekarang mulai ditambah dengan UHT yang plain. Cemilannya masih roti, buah, puding, dan kadang-kadang minta kerupuk (yang gurih2 ternyata bayi doyan banget ya, ckckck. Jadi dibatasi).
  • Giginya 6 (hampir 8, tapi yang 2 walaupun tanda-tandanya sudah terlihat sejak lama, belum muncul juga sampai sekarang). Udah bisa mengunyah dan menggigit macam-macam. BB terakhir 8kg, baru beranjak melewati angka 8. TB belum ngukur lagi.

Apalagi ya? Sepertinya baru itu, nanti kalau ada lagi ditambahkan deh.

Sehat selalu ya Nak. Be a sholehah.

Tagged: , , ,

§ 8 Responses to Khonsa 13 Bulan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Khonsa 13 Bulan at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: