Her Amazing First Year :)

13/04/2010 § 6 Comments

Alhamdulillah, 5 April kemarin Khonsa genap berusia 1 tahun (Masehi). Satu tahun ternyata berlalu dengan sangat cepat.  Si bayi kecil itu berubah menjadi batita sekarang. Dan inilah sedikit catatan perkembangan Khonsa di penghujung tahun pertamanya :

  • Khonsa sudah mulai lincah merambat kemana-mana. Berdiri sendiri dengan tumpuan/pegangan, sesekali berusaha lepas tangan tetapi masih jatuh. Pelan-pelan ya Nak, insya ALLAH sebentar lagi bisa berjalan, lalu berlari. Hobinya mendorong kontainer beroda atau galon, jadi sedikit demi sedikit jalan maju ke depan.
  • Bubbling yang semakin bervariasi, sudah tahu bagaimana cara menarik perhatian orang dengan teriakannya. Kalau meminta sesuatu dan tidak dipenuhi, pasti teriak-teriak. Sesekali bubblingnya membentuk kata sederhana.  Seperti  yaeyae (memanggil Ayah), dedeee (menyebut anak-anak kecil dan dirinya sendiri), nenenee (minta nen), mamammmm (makan), baaaah (memanggil abah/mbah depan rumah), paaaah (kalau dipanggil khonsa, jawabnya apaaa) dll.
  • Koordinasi motorik kasar dan halusnya semakin bagus. Sudah bisa main stacking ring (memasukkan ring dengan tepat di tiangnya), bisa bertepuk tangan dengan sempurna (kedua tangan beradu dan berbunyi), menunjuk sendiri apa yang diinginkan.
  • Sudah bisa menunjukkan mana gigi, mana mata, mana hidung. Jika diajak berhitung menggunakan tempelan angka di dinding, maka ia akan mengikuti menunjuk angka-angka dan bergumam seolah mengatakan, “Satu, dua, tiga….dst”.
  • Kemampuannya memahami perintah sederhana juga semakin meningkat. Termasuk menirukan apa yang diajarkan.  Salah satunya, bermain sluku-sluku bathok sama mbak pengasuhnya,😉.
  • Makan alhamdulillah masih lancar jaya, sesekali GTM, tetapi hari berikutnya biasanya lancar lagi. Segala macam menu alhamdulillah mau. Pengenalan makanan lebih bervariasi. Yang jelas sekarang giginya sudah ada 6 (kemarin diintip sepertinya mau muncul 2 lagi). Sudah makan nasi lembek, horeeee. MPASI jadi lebih mudah. Lewat setahun, mulai berkenalan sedikit demi sedikit dengan gula dan garam.
  • ASI alhamdulillah masih berlanjut, mulai dikenalkan dengan susu UHT. Khonsa doyan dua-duanya. Mudah-mudahan ASInya tetap lancar hingga 2 tahun.
  • Jam tidur malam masih tetap, dr jam 7 (habis isya) sampai jam 5 atau setengah 6 pagi. Tidur siang 2 kali sehari dengan durasi maksimal 1 jam.
  • BB dan PB belum nimbang lagi, tapi dari hitungan kasar perkiraan pakai timbangan di rumah, kurang lebih 8kg.

Sehat selalu ya Nak. Be a shalihah.

Tagged: ,

§ 6 Responses to Her Amazing First Year :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Her Amazing First Year :) at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: