Bakso Pertama Khonsa

12/04/2010 § 4 Comments

Baiklah, saatnya berbagi beberapa resep MPASI Khonsa. Menu kali ini adalah bakso,😉.  Sebenarnya sudah sejak lama ingin membuat bakso (berdasarkan resep di milis MPASI, bisa diberikan untuk bayi 8+), namun karena sok sibuk, proyek bakso ini baru terlaksana sekitar 2 bulan yang lalu.😀

Nah, sebelum bercerita tentang bagaimana cara memasak bakso tahu ini, yuk kita intip dulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Here they are :

  • Tahu Putih Besar 1 buah, bagi dua diagonal
  • Daging sapi cincang halus
  • Oatmeal halus kira-kira 2 sdm
  • Air es secukupnya

Untuk bahan kuahnya, saya memakai bahan-bahan sebagai berikut :

  • Kaldu sapi (buatan sendiri) sekitar kurleb 300ml (saya memakai 4 blok kaldu baby cubes)
  • Daun bawang cincang secukupnya
  • 1/2 butir bawang putih cincang halus
  • Wortel rebus dan sawi hijau rebus cincang halus  (optional ya mom/bisa diganti sayuran lainnya, kemarin sengaja memasukkan sayuran disini supaya lebih rame, :D)
  • Unsalted butter untuk menumis

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan (semuanya dihaluskan ya mom) :

  • Bawang merah 1 butir kecil
  • Kemiri 1/2 butir
  • Bawang putih 1/2 butir

Cara memasaknya sbb :

  • Daging sapi cincang halus, dicampur air dingin, aduk rata dengan tangan sampai adonan benar-benar terasa ‘wulet’. Tambahkan bumbu halus dan oatmeal yang sudah dihaluskan, lalu aduk rata kembali dengan tangan, sampai ‘wulet’ dan bisa dibentuk sesuka hati.
  • Adonan dibentuk bulat-bulat kecil seperti bakso, sebagian lagi sisipkan di tengah-tengah potongan tahu (buang dulu tahu bagian tengah). Sisihkan.
  • Bawang putih cincang ditumis dengan margarin sampai wangi, lalu masukkan kaldu daging, masak hingga mendidih. Setelah kuah mendidih, masukkan tahu bakso dan bakso dagingnya, lalu dimasak hingga matang.

Mudah bukan? Alhamdulillah Khonsa doyan,🙂. Kebetulan saat itu Khonsa sedang pilek, hidungnya sedikit tersumbat. Sehabis makan bakso ini, menyeruput kuahnya yang hangat, lumayan juga bisa membuat hidung mampetnya jadi meler. Hehe.

Selamat mencoba bunda.

Tagged: , ,

§ 4 Responses to Bakso Pertama Khonsa

  • bundamahes says:

    mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu….
    kalo Mahes sih sampe sekarang masih aku terapin bumbu minimalis (garam, bwg putih, bwg merah) kecuali emaknya lagi bikin sop/sayur bening, ditebengin deh!🙂

    • ummukhonsa says:

      iya sama
      minimalis bumbu, heran ya, ko mereka tetep doyan banget
      emaknya nyicip ko hambar2 rasany🙂

  • naia says:

    berarti teduh dah boleh maem macem2 doms?

    • ummukhonsa says:

      Boleh mbak naia, tapi dengan bumbu minimalis ya…
      Tetap belum boleh gula garam kalo belum setahun🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Bakso Pertama Khonsa at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: