Mengajak Bayi Berenang

08/03/2010 § 9 Comments

Sudah 3 akhir pekan berturut-turut, salah satu agenda kami sekeluarga adalah mengajak Khonsa berenang. Sebenarnya sudah lama keinginan ini muncul, namun baru 3 pekan lalu mulai dilaksanakan. Selain menunggu waktu luang karena ibunya yang sok sibuk dengan amanah baru di kantor, kami juga menunggu kesiapan Khonsa diajak nyemplung ke kolam renang yang sebenarnya.😀

Bulan November taun lalu, ketika menghadiri pernikahan teman seangkatan dan menginap di hotel yang kebetulan ada bath-tubnya, ternyata Khonsa nangis kejer begitu dimandikan di bath tub. Sepertinya ketakutan karena tempatnya gede, airnya juga banyak. Sejak saat itu, kami bertekad untuk mengenalkannya pada berenang. Terlebih membaca artikel-artikel tentang manfaat positif berenang untuk bayi, semakin inginlah kami mengajaknya berenang.

Nah, dari 3 kali hasil berenang kemarin, saya ingin berbagi tips dengan bunda-bunda semua yang mungkin nyangkut membaca postingan ini, heuheu. Tips supaya bayi berenang dengan riang :

  1. Pastikan si kecil dalam kondisi sehat dan dalam mood yang oke. No flu, no anget/demam, no rewel.  Namanya juga bermain air, apalagi air dingin, pastikan si kecil dalam kondisi yang fit.
  2. Kenalkanlah bayi dengan banyak air terlebih dahulu. Gara-gara peristiwa tragedi bath-tub itu, kami membelikannya kolam kecil untuk mandi. Bukan sekedar bak mandi biasa,. Dengan kolam mini itu Khonsa berkenalan dengan air yang banyak, serta tempat yang sedikit luas. Awalnya sempat ga mau juga, tapi dipancing dengan banyakkk mainan di dalamnya, eh seneng banget dianya.
  3. Pilih waktu berenang yang tepat. Kalau untuk kami, waktu yang tepat untuk Khonsa berenang adalah pagi hari, saat kolam renang umum masih sepi dan matahari baru mulai naik.  Itu pun dalam kondisi dia jeda setelah makan. Jadi perutnya dalam kondisi kenyang.
  4. Pilih tempat berenang yang tepat. Kalau yang ini, bunda yang tahu pasti di mana kolam renang umum yang pas untuk mengajak si kecil berenang. Lebih bagus lagi jika kolam renang milik sendiri,😀.
  5. Standar keamanan berenang. Buat kami, standar keamanan berenang Khonsa adalah memakai neckring (pelampung leher khusus untuk bayi), baju untuk berenang (saya memakaikannya baju biasa yang menurut saya cocok), diaper khusus berenang (saya memakai disposable diaper huggies little swimmer), dan senantiasa mendampinginya saat berada di dalam kolam renang (kecuali jika dia di-foto-foto, haha).
  6. Pelan-pelan saja. Jangan memaksakan si kecil nyemplung kalau dia nangis kejer. Ajak main air terlebih dahulu, perlahan baru ajak dia ke tengah. Malah Khonsa biasanya digendong ayahnya dulu nyemplung ke kolam, baru setelah dia terlihat tertarik, ajak ke tempat yang lebih menantang,😀.  Kalau nangis? Ya sudah, tak apa, berarti Anda belum beruntung. Coba di lain waktu.

Ini penampakan foto Khonsa yang sedang berenang :

Saking menikmatinya, lama-lama matanya riyep-riyep hampir tertidur.Kalau sudah begitu, berarti saatnya mengangkatnya dari kolam dan pulang.

Oiya, kalau mau beli neckring, bisa klik di sini (teuteup…promo…heuheu).

Tagged: , , ,

§ 9 Responses to Mengajak Bayi Berenang

  • Ummu Syifa says:

    wah aku yo pengen ngejak Syifa renang. Tapi yang pasti nyemplungnya sama ayahnya wong uminya juga belum bisa😆
    eh neckring itu utk usia berapa aja to? nek seusia syifa udah pake yg bebek itu kali ya:mrgreen:

  • ummukhonsa says:

    😀
    ajak aja
    ada medium neckring
    tapi nek mau pake bebek2an ya gpp🙂

  • alice pngen ..... says:

    kynya mw tenggelam tuh….

  • Issa says:

    itu anaknya umur berapa bulan bu dah di ceplungin k kolam gede?
    kan dingin…

  • adhe says:

    emang harganya berapa bu

  • gisele says:

    saya sih bawa anak saya spa dan berenang di mom n jo yang ada di dharmawangsa. Anaak2 kan butuh banyak diberi sentuhan dan aktifitas yang merangsang sarafnya, makanya massage dan renang adalah pilihan yg tepat buat saya. kenapa mom n jo? Disana bersih dan nyaman. Airnya diganti terus setiap anak selalu dapat air baru dan bebas kaporit. jangan lupa massage nya juga mom, penting banget bikin bayi lahap makan dan bobonya nyenyak🙂

    • rina says:

      iya.
      tapi terkadang tidak semua orang bisa membawa putra/putrinya u/ baby spa ke tempat2 seperti mom n jo mbak.
      jauh euy, hihi. jadinya, ya di tempat yang deket aja renangnya. pijit sama ibunya sendiri atau di mbah tetangga yang bisa pijit bayi.
      sampai sekarang pun, pijit selalu menjadi favorit si khonsa. termasuk pas mau tidur, kadang2 bilang capek jadi minta dipijit kakinya atau punggungnya.

      terima kasih sudah mampir🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Mengajak Bayi Berenang at Catatan Kecil Rina.

meta

%d bloggers like this: